Leave a comment

Chitosan Mempercepat Penyembuhan Luka

Cangkang kepiting dan udang yang diproses menjadi chitosan, dapat dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka secara efektif, kata peneliti dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Aditiya Pramudya.

Menurut dia, salep yang mengandung chitosan mampu menyembuhkan luka dengan waktu lebih cepat dibandingkan dengan salep tanpa chitosan. Salep chitosan juga menghasilkan penyembuhan yang kuat karena mampu menebalkan kolagen, sehingga kulit tidak mudah iritasi kembali. “Penggunaan salep chitosan menghasilkan jumlah fibroblas paling sedikit. Hal itu menunjukkan chitosan telah menghasilkan penyembuhan sempurna karena semakin sempurna penyembuhan suatu luka, semakin sedikit jumlah fibroblasnya, sehingga luka tidak berbekas,” katanya.

Penyembuhan luka bekeraja sebagai proses  untuk memperbaiki kerusakan jaringan. Banyak orang yg berharap mencapai penyembuhan luka secara cepat dan berfungsi optimal.

sumber: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/10/09/25/136470-luka-ingin-cepat-sembuh-gunakan-chitosan-cangkang-kepiting-deh-

Leave a comment